Pergumulan RENAR melampaui industri perjudian

Încrengăturile de la RENAR

Gading dari RENAR

Konflik yang ada, tetapi juga jaringan kepentingan dari RENAR – Asosiasi Akreditasi Rumania – menjadi perhatian media.

Publikasi Cetățeanul.net menerbitkan pada tanggal 21 September sebuah artikel online yang didedikasikan untuk kepentingan yang ada di RENAR, artikel berjudul “RENAR Octopus. Siapa yang membuat undang-undang di pasar akreditasi, di bawah hidung Kementerian Perekonomian”.
Investigasi yang dilakukan oleh Cătălin Antohe dan Sorin Ghica yang menunjukkan bahwa kepentingan yang ada di lembaga ini jauh melebihi industri perjudian Rumania yang dipersalahkan.

“RENAR, Asosiasi Akreditasi Rumania, yang setiap tahun mengumpulkan lebih dari 5 juta euro dari akreditasi saja, terperangkap dalam jaringan kepentingan yang meragukan. Dan semua informasi ada di tangan “raja akreditasi”, Fanel Iacobescu, presiden RENAR.

Surat kabar Cetățeanul mengungkapkan bahwa RENAR, sebuah asosiasi yang diakui sebagai kepentingan nasional, tetapi tidak diakui secara hukum oleh Pemerintah Rumania, memiliki kepentingan, tetapi kemungkinan besar konflik kepentingan. Semua ini di bawah pengawasan Menteri Ekonomi, Florin Spătaru!

Di RENAR, minat mengarah pada kesuksesan

Anonim untuk masyarakat umum, RENAR, bagaimanapun, merupakan roda penggerak penting dalam roda perekonomian nasional. Dalam kapasitasnya sebagai badan akreditasi nasional yang unik, yang memegang monopoli di pasar Rumania, RENAR mengakreditasi, misalnya, laboratorium medis, termasuk laboratorium analisis milik rumah sakit negara dan swasta, yang tidak dapat beroperasi jika tidak diakreditasi oleh RENAR. Tanpa akreditasi RENAR, mereka tidak dapat menjalin hubungan kontrak dengan Rumah Jaminan Kesehatan Nasional dan tidak dapat memperoleh dana dari sistem jaminan kesehatan nasional untuk layanan yang diberikan. Dengan cara yang sama, banyak cabang masyarakat dan ekonomi Rumania tidak dapat berfungsi tanpa “berkah” yang disponsori oleh RENAR (Anda dapat menemukan area yang kami rujuk dalam artikel yang disebutkan di atas).

Secara teoritis, badan akreditasi berada di bawah koordinasi Kementerian Perekonomian yang harus mengawasi legalitas kegiatan RENAR. Namun pada kenyataannya, kementerian tidak ikut campur dalam urusan Fanel Iacobescu dan asosiasi satelitnya.

Inilah bagaimana RENAR akhirnya mengeluarkan badan terakreditasi dari pasar, dan klien mereka diambil alih oleh kompetisi. Persaingan dimana presiden RENAR memiliki ikatan yang kuat. Dewan Kompetisi sudah memperhatikan situasi memalukan seperti itu dari RENAR.

Jaringan yang dilindungi oleh Iacobescu

RENAR dipimpin, setidaknya di atas kertas, oleh dewan direksi, yang terdiri dari berbagai badan – asosiasi, perusahaan komersial, otoritas publik, di antaranya yang paling berpengaruh adalah, katakanlah sumber dari lembaga tersebut, ROLAB – Asosiasi Laboratorium Rumania dan Gerakan Rumania untuk Kualitas – MRC, keduanya didirikan oleh … presiden RENAR Fanel Iacobescu. Anggota keluarga Iacobescu juga terperangkap dalam jaringan hubungan ini.

Seperti yang saya katakan di atas, presiden RENAR adalah anggota pendiri dan wakil presiden ROLAB – Asosiasi Laboratorium Rumania, tetapi juga anggota pendiri MRC. Kedua asosiasi tersebut merupakan bagian dari komponen College A dari RENAR Board of Directors – College dari badan terakreditasi, di mana ROLAB juga menjabat sebagai wakil presiden.

Pada gilirannya, asosiasi ROLAB terkait seperti stempel surat, di tingkat manajemen, dengan “anak” lain dari Tuan Fănel, Gerakan Rumania untuk Kualitas (MRC) – ROLAB menjadi rekanan/anggota asosiasi MRC sejak 2007 !

ROLAB dan dengan MRC, keluarga yang sama

Mulai tahun 2019, susunan Direksi ROLAB adalah sebagai berikut: presiden – Liviu Florin Manta, anggota – Maria-Magdalena Poenaru, Mihail Mangra. Kemudian, Mangra memainkan peran Manta, menjadi presiden ROLAB. Sumber kami mengatakan bahwa Liviu Florin Manta adalah menantu presiden RENAR. Fanel Iacobescu tidak mau mengkonfirmasi atau menyangkal informasi tersebut.

Di dalam MRC, orang yang sama memegang posisi: Liviu Florin Manta – associate sejak 2007, Mihail Mangra, presiden Dewan Direksi sejak 2017, Maria – Magdalena Poenaru – anggota Dewan Direksi.

RENAR gading

Mereka semua berasal dari Craiova, di mana Fănel Iacobescu juga berasal, dekat dengannya. Selain itu, Maria Magdalena Poenaru juga menerbitkan berbagai karya bersama Iacobescu.

Romanian Movement for Quality Association (MRC), yang juga berbasis di Craiova, adalah, seperti yang saya katakan, sebuah roda penggerak penting dalam peralatan RENAR, menjadi anggota tituler College A – College of Accredited Bodies.

Kepala RENAR, Fănel Iacobescu, juga memiliki hubungan dekat dengan badan ini karena ia adalah presiden pendiri Gerakan Kualitas Rumania.

Direktur umum RENAR, Alina Elena Tain, orang kepercayaan Iacobescu, juga memasuki pertemuan bersama. Dia diangkat sebagai direktur RENAR pada tahun 2016, pada saat yang sama menjadi bagian dari Dewan Direksi MRC, kata sumber Cetățeanul. Hanya setahun kemudian, pada 2017, Alina Elena Tain mengundurkan diri dari MRC. Apalagi, sumber yang sama mengatakan, saat diangkat menjadi direktur umum di RENAR, Alina Tain juga menjabat sebagai direktur umum di ROLAB.

Presiden RENAR, Fanel Iacobescu, mengkoordinasikan proyek-proyek MRC, yang dibiayai dengan dana Eropa, di mana Alina Elena Tain, Liviu Florin Manta, Maria Magdalena Poenaru dan putri Iacobescu, Alina Manta, juga ambil bagian. Kita dapat menemukan semuanya dalam diagram di atas!

Selengkapnya baca DISINI…

Author: Randy Butler